Potensi Khasiat Kulit Buah Manggis


Potensi Khasiat Kulit Buah Manggis
Berbagai hasil penelitian menunjukkan kulit buah manggis kaya akan antioksidan, terutama antosianin, xanthone, tannin, dan asam fenolat. Radikal bebas atom atau kelompok atom yang dalam keadaan bebas alias tidak terikat dengan gugus lain) dapat menangkap molekul hydrogen, asam lemak, logam berat yang pada akhirnya memicu beragamnya penyakit degenerative.
Selain kaya akan antioksidan, banyak lagi potensi dari kulit buah manggis ini, antara lain:

Anti Mikroba

Kulit buah manggis diketahui mempunyai daya anti mikroba terhadap beberapa jenis bakteri, slah satunya Staphylococcus aureus yang resisten terhadap antibakteri metilisin. Hasilnya menunjukkan bahwa satu isolate aktif alfa-mangostin yang merupakan salah satu derivate, xanthone menghambat pertumbuhan bakteri tersebut dengan MIC sebesar 1,57-12,5 mg/mL.

Anti Inflamasi

Penelitian antiinflamasi dari kulit manggis dilakukan dengan menggunakan mangostin dari ekstrak etanol 40 persen mempunyai aktivitas penghambatan yang kuat terhadap pelepasan histamine dan sinteisis prostaglandin E2 sebagai mediator inflamasi. Ekstark etanol kulit buah manggis mempunyai efek meredam radikal bebas yang kuat.

Anti Kanker

Selain sebagai antioksidan, khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Eksrak kulit manggis bersifat proliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis, penghancur sel kanker.

Lain-lain

Xanthone dalam kulit manggis juga ampuh mengatasi penyakit Tuberculosis (TBC), asma, leukemia serta sebagai antiinflamasi dan antidiare. Selain antikanker dan antioksidan, xanthone juga mujarab untuk mengatasi jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh terutama bagi pengidap HIV/AIDS.
Hasil penelitian menunjukkan ekstark kulit manggis mempunyai aktifitas melawan sel kanker payudara, liver dan leukemia. Juga bisa digunakan sebagai antihistamin, antiinflamasi, menekan system syaraf pusat, dan penuruan tekanan darah tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.