Cara Pembibitan Tanaman Manggis

Cara Pembibitan Tanaman Manggis
Manggis diperbanyak menggunakan biji. Biji-biji manggis tidak bertahan lama. Namun, bila dibiarkan tetap dalam buahnya,  kualitas biji dapat bertahan hingga beberapa minggu. Biji-biji yang berasal dari pohon induk unggul dan biji-biji berukuran besar yang dipilih untuk ditanam. Hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara dan merawat semai-semai Manggis adalah diperlukannya medium tanah yang berdrainase baik dengan kemampuan menjaga kelembaban medium tetap tinggi (campuran medium tanam dapat berupa serabut kelapa, serasah daun, sphagnum atau kulit batang pinus). Sistem pengakaran pada manggis mudah patah, lambat tumbuh, dan mudah terganggu karena tidak dijumpai akar rambut pada akar utama maupun akar lateral. Bukti ini memberikan indikasi yang kuat bahwa awal mulanya akar memiliki sifat yang sama dengan akar dari benih yang ditumbuhkan dalam kultur air, tetapi kurang dapat berfungsi jika ditumbuhkan dalam medium pot yang padat.

Letak daun berhadapan, merupakan daun sederhana dengan tangkai daun pendek yang berhubungan dengan tunas, panjang tangkai daun 1,5-2 cm dengan helaian daun berbentuk bulat telur, bulat panjang atau elip dengan panjang 15-25cmxlebar7-13cm mengkilap, tebal dan kaku, ujung daun meruncing (acuminate) dan licin (glabrous). Daun-daun dapat bertahan sampai beberapa tahun dengan daun-daun baru pada hampir semua cabang yang dihasilkan dari trubus-trubus baru yang terjadi satu atau dua kali setahun. Daun-daun baru berwarna agak merah muda yang dapat berubah menjadi hijau cerah, tetapi perubahan warna ini hanya terjadi dalam periode yang singkai dan segera menjadi hijau gelp setelah daun-daun menjadi dewasa.

Bunganya bersifat uniseksual dioecious (berumah dua), akan tetapi hanya bunga betina yang dapat dijumpai, sedangkan bunga jantan tidak berkembang sempurna (rudimenter), yaitu tumbuh kecil kemudian mongering dan tidak dapat berfungsi. Bunga betina terdapat pada pucuk ranting muda dengan diameter 5-6 cm, pedikelnya pendek, tebal dan panjang 1,8-2 cm terletak pada dasar bunga.

Bunga memiliki empat sepal dan empat petal dengan tangkai bunga pendek dan tebal berwarna merah kekuning-kuningan. Bunganya tidak tahan lama membuka pada sore hari dan petalnya segera jatuh setelah itu.

Cara Pembibitan Tanaman Manggis


Buah manggis menghasilkan secara partenogenesis (tanpa penyerbukan). Buah partenokarpi biasanya berbentuk bundar, berdaging lunak saat hampir masak, pipih pada bagian dasarnya dimana bagian bawahnya terdapat petal yang tebal dan rongga-rongga stigma, sisa rongga stigma ini tetap tinggal pada ujung buahnya. Buah berbentuk bulat atau agak pipih dan relative kecil dengan diameter 3,5-8 cm. Berat buah bervariasi 75-150 g tergantung pada umur pohon dan daerah geografisnya. Kulit buah mengandunggetah kuning yang terasa pahit.

Jika buah muda dilukai maka getah kuning akan menetes keluar. Kulit buah tebalnya 0,8-1 cm berwarna keungu-unguan biasanya mengandung cairan kekuning-kuningan yang rasanya pahit dan kulit buahnya mengandung tanin dan senyawa berbentuk Kristal yang disebut mangostin. Pada buah yang matan struktur kulit yang keras merupakan pelindung yang sangat baik bagi daging buah yang lembut dan dapat dimakan serta memudahkan pengepakan dan pengangkutan.

Buah manggis mengandung 2-3 biji yang berkembang sempurna. Segmen-segmen umumnya berukuran tidak sama dan biasanya 1-2 segmen besar yang mengandung biji. Daging buah yang mudah dipisahkan dari kulit buah terdiri dari sari buah, agak asam, rasanya enakdan sedikit beraroma. Biji-biji besar berbentuk pipih berwarna ungu gelap atau cokelat tertutup oleh serat lunak yang menyebar sampai kedalam daging buah.

Biji manggis merupakan biji apomik yang terbentuk dari sel-sel nuselus pada buah partenokarpi. Biji berwarna coklat dengan panjang 2-2,5 cm, lebar 1,5-2,0 cm dan tebalnya antara 0,7-1,2 cm. Biji diselimuti oleh aril yang berwarna putih, empuk dan mengandung sari buah dengan aril yang transparan. Penampakan embrio tidak jelas mengenai lokasi plumula dan radikel, dari pemeriksaan menunjukkan kemungkinan adanya perluasan titik tumbuh di sepanjang biji. Berat biji bervariasi antara 0,1-2,2 gram dengan rata-rata 1,0-1,6 gram.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.