Manfaat Tanaman Manggis

Manfaat Tanaman Manggis
Manggis merupakan tanaman budidaya didaerah tropis. Tumbuhan ini tumbuh subur pada kondisi dengan banyak mendapat sinar matahari, kelembaban tinggi dan musim kering yang pendek (untuk menstimulasi perbungaan). Pada kondisi kering, diperlukan irigasi untuk menjaga kelembapan tanah. Tumbuhan ini ditanam hingga ketinggian 1000 m dpl (20-40°C) didaerah tropis, namun pertumbuhan maksimal berlangsung didaerah dataran rendah.

Manfaat tanaman manggis adalah sebagai berikut:

  1. 1. Sebagai obat anti kanker.
  2. 2. Suplemen untuk diet.
  3. 3. Bahan pewarna.
  4. 4. Rebusan kulit buah manggis mempunyai efek anti diare.
  5. 5. Buah manggis muda memiliki efek speriniostatik dan spermisida.
  6. 6. Dari hasil suatu penelitian dilaporkan bahwa Mangostin (1,3,6-trihidroksi-7-metoksi-2,8-bis (3metil-2butenil) -9H-xanten9-on) hasil isolasi dari kulit buah mempunyai aktivitas antiinflamasi dan anti oksidan.
  7. 7. Dari hasil studi farmakologi dan biokimia dapat diketahui bahwa mangostin secara kompetitif menghambat tidak hanya respektor histamine H, mediator kontraksi otot lunak tetapi juga epiramin yang membangun tempat reseptor H1, pada sel otot lunak secara utuh. Mangostin merupakan tipe baru dari histamine.
  8. 8. Pemberian ekstrak daun muda terhadap mencit bunting dengan dosis 500,1000,1500 mg/kg BB, menunjukkan efek pada fetus berupa penurunan berat badan, terjadinya pendarahan pada fetus, dan adanya perubahan jaringan hati fetus seperti nekrosis pada sel hepar, tetapi tidak terjadi kelainan perkembangan dan aborsi. Ekstrak daun manggis dengan berbagai dosis dapat mengurangi jumlah sel spermatid, terjadi penambahan jumlah spermatozoa abnormal, dan lambatnya gerak maju spermatozoa mencit.
  9. 9. Di masyarakat, buah digunakan untuk mengobati diare, radang amandel, keputihan, disentri, wasir, borok; disamping itu digunakan sebagai peluruh dahak, dan juga untuk sakit gigi. Kulit buah digunakan untuk mengobati sariawan, disentri, nyeri urat, sembelit. Kulit batang digunakan untuk mengatasi nyeri perut. Akar untuk mengatasi haid yang tidak teratur.
  10. 10. Batang pohon manggis dipakai sebagai bahan bangunan, kayu bakar/kerajinan.
  11. 11. Kulit buah manggis yang kaya Tanin, seringkali diambil ekstraknya dan dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi masalah pencernaan, dan dalam bentuk salep.
  12. 12. Kulit manggis juga berkhasiat untuk membuang asam urat didalam tubuh yang berguna bagi penderita reumatik/ gout.
  13. 13. Pohon manggis yang memiliki perakaran kuat juga baik ditanam untuk pemulihan kembali areal kritis.

Manfaat Tanaman Manggis

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.