Daerah Penghasil Buah Manggis

Daerah Penghasil Buah Manggis
Syarat-syarat tumbuhnya, tinggi  tempat mulai dari dataran rendah sampai dengan ketinggian 800 m dpl. Curah hujan 1500-2500 mm/thn, dengan periode basah 6 bln. Tanah tanaman manggis sangat baik pertumbuhannya pada tanah yang kaya akan bahan organic, serta tanah yang aerasinya cukup baik, jenis tanah agak berat sampai tanah ringan.

Bibit berasal dari perbanyakan vegetative dengan cara sambungan. Bibit yang akan ditanam harus berlabel yang dikeluarkan oleh BPSBTPH. Persiapan tanam pengolahan lahan usahakan lahan tidak terbuka luas terhadap sinar matahari, oleh karna itu tidak perlu membabat seluruh pohon yang ada kecuali yang mengganggu tanaman manggis berkembang. Jarak tanam manggis 8x10 m atau 10x10 m. Lubang dibuat dengan ukuran Panjang : 50 cm, Lebar :50 cm, Dalam 50 cm. Lubang dibiarkan terbuka selama 1-2 minggu, kemudian lubang  ditutup dengan campuran tanah galian bagian atas dengan bahan organic. Jumlah pupuk organic yang diberikan tergantung pada kesuburan tanah. Penanaman hanya sampai leher akar. Pembuatan naungan oleh karna tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung untuk itu perlu dibuat naungan lama tanaman manggis diberi naungan adalah sampai berumur 2 tahun ukuran naungan adalah sbb: panjang 60 cm, lebar 40 cm, tinggi 75 cm, tonggak dari kayu/bamboo, atap daun alang alang atau daun kelapa dan lain lain sedangkan dinding kosong.

Untuk pertumbuhan vegetative yang baik, satu bulan setelah tanam diberi 100-200 gram erea/pohon. Pemberian diulang setiap enam bulan sekali dan ditambah dengan pupuk kandang 20-30 kg/pohon. Apabila tanaman manggis sudah berbuah diberi pupuk NPK sebanyak 0,5 kg/pohon dan diulang setiap enam bulan sekali. Penyiangan pada tanaman manggis hanya dilakukan terhadap tumbuhan yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman saja. Hal ini disebabkan tanaman manggis tidak tahan terhadap sinar matahari langsung.

Daerah Penghasil Buah Manggis

Provinsi
Kabupaten
Musim Panen
Sumatra Utara
Tapanuli Selatan
Juni-September
Sumatra Barat
Padangpariaman
Oktober-Desember

Limapuluh kota
November-April
Bangka Belitung
Belitung
Oktober-Maret
Bengkulu
Bengkulu
Desember-Maret
Jawa Barat
Bogor
November-Maret

Purwakarta
November-Februari

Tasikmalaya
Desember-Maret
Jawa Tengah
Purworejo
Desember-Maret
Jawa Timur
Blitar
Januari- Mei
Bali
Tabanan
Oktober-Desember
Nusa Tenggara Barat

NOVEMBER-JANUARI


0 komentar:

Posting Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.