Apa Saja Khasiat dari Kulit Manggis ?

Apa Saja Khasiat dari Kulit Manggis ?
Buah manggis yang kita kenal dulu kini sudah populer di semua kalangan, dan telah ditemukan bahwa buah manggis tidak hanya pada bagian dalam buahnya saja yang bisa dimakan tetapi kulitnya pun sekarang sudah mulai banyak dicari orang sebagai bahan pengobatan alami. Rasanya yang pahit tidak melunturkan niat seseorang untuk tidak mengkonsumsinya, bahkan dengan harga berapa pun demi pengobatan tentunya akan selalu siap. Pertanyaannya, ada apakah dibalik semua rahasia kulit manggis?

Seorang pemilik kebun manggis di Bogor terheran-heran. Ada orang yang menawar kulit buah manggisnya dengan harga tinggi. “Buahnya sebanyak itu nantinya mau saya apain?” ujarnya. Ia heran, kenapa orang itu bernafsu memborong kulit manggisnya. Setelah mencari tahu ia paham, ternyata kulit manggis berpotensi besar sebagai obat alami.

Ketika mengarungi dunia maya,ia menemukan ada banyak reklame produk suplemen yang berbahan kulit manggis. Dipromosikan bahwa minuman sari kulit manggis itu mengandung antioksidan tinggi, sehingga ampuh menangkal radikal bebas dan penuaan, serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Dinyatakan pula bahwa keajaiban sari kulit manggis ini dapat meringankan sekitar 70-an macam gangguan kesehatan. Diantaranya stroke, kanker, diabetes, jantung, hipertensi, nyeri akibat sndroma terowongan karpal, menurunkan kadar gula darah tinggi, meringankan psoriasis, serta sederet masalah lainnya.

Dengan semua keunggulan tersebut, pantas saja harga sebotol kulit manggis yang berukuran tak lebih dari 300 ml bisa mencapai 200 ribu rupiah. Dan orang yang ingin sehat biasanya tak peduli harga tinggi. Di sisi lain, banyak orang yang makin tertarik untuk meraup keuntungan dari bisnis kulit manggis ini.

Sebagai negara yang memiliki keanekaragaman hayati melimpah, Indonesia memiliki sumber tanaman herbal yang tiada habisnya. Salah satu tanaman yang berkhasiat obat, yaitu manggis. Tak hanya nikmat disantap sebagai buah segar, manggis juga memiliki sejumlah kemampuan yaitu sebagai pengobatan kulit manggis yang dapat mengobati berbagai macam penyakit.

Bahkan hamper semua tanaman buah ini menyimpan khasiat. Secara tradisional manggis digunakan sebagai obat sariawan, wasir, dan luka karena kemampuan antiinflamasi atau antiperadangan.


Salah satu paparan tentang khasiat buah manggis diungkapkan oleh Prof. Dr.H.R. Sidik, guru besar Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran, Bandung. Dijelaskan bahwa tumbuhan bernama Latin Garcinia mangostana ini memiliki batang kayu keras. Cabangnya teratur, berkulit cokelat, dan bergetah. Kulit kayunya dapat dapat mengobati penyakit disentri, diare, dan sariawan mulut.

Untuk mengobati disentri, kulit dua buah manggis dicuci, dipotong-potong, dan direbus dengan empat gelas air sampai volumenya tinggal setengahnya. Rebusan kulit manggis yang sudah dingin dan disaring bisa ditambah madu. Minum dua kali sehari dan lihat hasil pengobatannya terhadap penyakit disentri yang diderita.

“Sama dengan pengobatan penyakit disentri, untuk menyembuhkan diare, tinggal melakukan hal serupa. Tapi, volume airnya lebih sedikit, hanya tiga gelas,” kata anggota Panitia Nasional Pengembangan Obat Departemen Kesehatan ini.

Untuk mengobati sariawan, langkah yang dilakukun sama saja dengan prosedur pembuatan ramuan penyembuh diare. Hanya, air rebusan hasil saringan cukup digunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan tiga sampai enam kali sehari.

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.