Apa itu Xanthone ?


Apa itu Xanthone ?
Buah manggis mengandung xanthone sebagai antioksidan yang kuat, dibutuhkan dalam tubuh sebagai penyeimbang prooxidant (redeucing radicals, oxidizing radicals, carboncentered, sinar UV, metal, dan lain-lain) yang ada di lingkungan manusia. Selanjutnya beberapa peneliti di luar negeri menjelaskan bahwa kulit buah manggis yang sudah matang mengandung polyhydroxy-xanthone yang merupakan derivate dari mangostin.

Xanthone mempunyai kemampuan sebagai antioksidan, antibakteri, antitumor dan antikanker. Sebuah penelitian di singapura menunjukkan bahwa sifat antioksidan pada buah manggis jauh lebih efektif dibandingkan dengan antioksidan pada buah rambutan dan durian.

Khasiat xanthone dari kulit buah manggis merupakan substansi kimia alami yang tergolong senyawa polyphenolic. Senyawa xanthone dan derivate dapat diisolasi dari kulit buah manggis (pericarp) dan mengandung 3-isomangostein, alpha-mangsotin, beta-mangostin, gamma-mangostin, garcinone A, garcinone B, C dan D, maclurin, mangostenol, catechin, potassium, calcium, pospor, vitamin B1, B2, B6 dan vitamin C.
Turunan senyawa xanthone yang sudah diidentifikasi ada 14 jenis, dan senyawa yang paling banyak pada kulit buah manggis adalah alfa-mangostin. Berbagai penelitian menunjukkan, senyawa xanthone memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, hepatoprotektif, meningkatkan kekebalan tubuh, aromatase inhibitor, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan aktivitas sitotoksik. Senyawa alfa-mangostin sebagai turunan xanthone memiliki kemampuan dalam menekan pembentukan senyawa karsinogen pada kolon.

Xanthone juga bermanfaat mencegah pertumbuhan sel kanker dan tumor. Kemampuan antioksidannya bahkan melebih vitamin C dan E yang selama ini dikenal sebagai antioksidan yang paling efektif. Kandungan alpha-mangostin dan gamma-mangostin pada buah manggis juga bersifat antibakteri. Alpha-mangostin diketahui mempunyai efektivitas yang sama dengan antibiotika yang berada di pasaran seperti amphicilin dan minocycline.

Penelitian xanthone telah dimulai sejak tahun 19970 dan hingga kini telah ditemukan lebih dari 40 jenis xanthone, diantaranya adalah alpha-mangostin dan gamma-mangostin yang dipercaya memiliki kemampuan mencegah berbagai penyakit. Kedua jenis canthone tersebut dapat membantu menghentikan inflamasi (radang) dengan menghambat produksi enzim COX-2 yang menyebabkab inflamasi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa gamma-mangsotin mempunyai efek anti radang lebih baik dari obat antiflamasi lain yang dijual di pasaran. Xanthone jenis ini dapat menghindarkan berbagai penyakit yang disebabkan peradangan, seperti arthritis dan Alzheimer (merupakan salah satu penyakit disfungsi otak)

0 komentar:

Poskan Komentar

Informasi Khasiat Manggis dan Tips Budi Daya Manggis

Made with by Odd Themes | © 2013 Odd Themes, Inc. All rights reserved.